Selasa, Maret 03, 2009

Masalah Kesehatan Berkaitan dengan Penggunaan Komputer Pribadi

Masalah Kesehatan Berkaitan dengan Penggunaan Komputer Pribadi
Gizi.net - Letak Mouse -Titik-titik pada tubuh yang bisa menjadi masalah jika mouse diletakkan tidak pada tempatnya atau postur tubuh yang kurang benar atau bekerja secara berlebihan.

Saat ini, di masyarakat khususnya perkotaan, bekerja di depan layar komputer sudah menjadi hal yang lazim. Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu rata-rata hingga 6 atau 7 jam per hari di depan komputer. Sayang, belum banyak yang mengetahui cara kerja maupun peletakan alat kerja yang baik sehingga keluhan-keluhan seperti dialami Lita, sang sekretaris, pada artikel utama bisa saja kita atau rekan kita alami.

Efek Samping Penggunaan Mouse

Meskipun banyak di antara pekerja kantor yang tidak peduli, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat bekerja dengan mouse. Mouse adalah alat pelengkap komputer yang bermanfaat untuk mengatur kursor dan fungsi-fungsi lainnya.

Dengan sistem Windows yang saat ini umum digunakan, banyak perintah yang bisa dijalankan melalui mouse, seperti membuka file, menutup, dan menggarisbawahi. Tombol-tombol pada keyboard diperlukan untuk menulis angka atau huruf saja.

Di samping itu, banyak kemudahan yang ditawarkan oleh mouse saat ini. Jika mouse diletakkan atau digunakan secara tidak benar, berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan bahkan hingga sakit ke punggung (lihat titik-titik potensial bermasalah pada gambar).

Bahaya Penggunaan Mouse yang Salah

Ada dua alasan mengapa menggunakan mouse secara regular bisa menimbulkan bahaya bagi otot-otot tubuh. Pertama, menggunakan mouse memerlukan pergerakan yang terbatas dan persisi/tepat dari tangan maupun jari, khususnya jari telunjuk dan jari tengah. Gerakan yang dilakukan adalah menempatkan (kursor), menggulung (roll), dan mengklik berkali-kali.

Sayang, situasi dan kondisi saat ini, otot-otot kecil (pada jari dan tangan) manusia belum "terbiasa" dalam hal pekerjaan tersebut sehingga mudah terjadi penggunaan yang berlebihan. Tanda-tandanya adalah sebagai berikut.

* Nyeri di atas tangan, sekitar pergelangan tangan, lengan atas, dan siku.

* Bisa terbentuk benjolan yang nyeri dan pada tahap akhir, bisa menjadi kista ganglion di sekitar sendi dan sepanjang urat di tangan.

* Perasaan baal (tanpa rasa) pada ibu jari dan telunjuk yang bisa berkembang menjadi Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Alasan kedua berhubungan dengan peletakan mouse yang tidak pada tempatnya.

Sehubungan dengan makin "efisien"-nya ruang perkantoran, kadang kala mouse diletakkan tidak pada tempatnya. Banyak yang meletakkan mouse di sudut kanan atas keyboard, bahkan di atasnya (Gambar 2 kiri). Pada keadaan demikian, sang operator akan mengalami kesukaran atau canggung untuk meraih mouse dan menggunakannya.

Posisi yang benar adalah seperti pada Gambar 2 kanan. Mouse seharusnya diletakkan bersebelahan dengan keyboard. Biasanya diletakkan tepat di sebelah kanan/kiri sesuai dengan kebiasaan orang tersebut menggunakan tangan kanan atau kiri/kidal.

dr "Internet" Erik Tapan
Pengurus PP IDKI
http://www.dokter.web.id
sumber: http://www.suarapembaruan.com

Tidak ada komentar: